Judul Penelitian Bidang Pengembangan Sistem Perangkat Lunak
Judul Penelitian Bidang Pengembangan Sistem Perangkat Lunak
Usulan Judul dari Mner Stanley D. S. Karouw, ST, MTI.
| No | Topik Penelitian | Judul Penelitian (usulan) | Metode |
| 1 | Estimasi Pengembangan Sistem Informasi | Metrik Proses dan Proyek Perangkat Lunak | (disarankan) menggunakan metode survei, penelitian tindakan atau studi kasus, tidak membutuhkan kemampuan pemrograman kecuali pada judul-judul tertentu |
| Estimasi Proyek Perangkat Lunak | |||
| Penjadwalan Proyek Perangkat Lunak | |||
| Manajemen Resiko Proyek Perangkat Lunak | |||
| Pemeliharaan Software | |||
| Rekayasa-ulang Perangkat Lunak | |||
| 2 | Requirements Engineering (RE) dalam Pengembangan Sistem Informasi | Studi Kelayakan Proyek Perangkat Lunak | (disarankan) menggunakan metode survei, penelitian tindakan atau studi kasus, tidak membutuhkan kemampuan pemrograman kecuali pada judul-judul tertentu |
| Dokumentasi RE (Vision, SRS, SAD) | |||
| Traceability RE, SDC dan ST | |||
| Elicitation RE | |||
| Modeling RE | |||
| Analysis, Validation & Verification RE | |||
| Management RE | |||
| Teknik RE | |||
| 3 | Pemodelan dan Perancangan Sistem Informasi | Proses Perancangan dan Konstruksi Perangkat Lunak | (disarankan) menggunakan metode Eksperimen, membutuhkan kemampuan programming tingkat dasar |
| Konsep Perancangan dan Implementasi dalam Pemrograman (abstraksi, patterns, modularity) | |||
| Konsep Perancangan dan Implementasi dalam Pemrograman berorientasi Obyek (component-level) | |||
| Arsitektur Perangkat Lunak | |||
| Perancangan level-component berorientasi obyek (cohesion – coupling) | |||
| Perancangan Antar-muka Perangkat Lunak | |||
| Perancangan perangkat lunak berbasis patterns | |||
| Perancangan aplikasi berbasis web | |||
| Perancangan aplikasi berbasis mobile | |||
| Perancangan aplikasi berbasis service | |||
| Perancangan aplikasi berbasis cloud | |||
| Perancangan aplikasi IoT | |||
| Perancangan aplikasi embeded | |||
| Perancangan aplikasi game | |||
| Perancangan aplikasi multimedia | |||
| Perancangan aplikasi pembelajaran | |||
| 4. | Software Process Improvement (SPI) | Studi Perbandingan Kerangka Kerja SPI | (disarankan) menggunakan metode survei, penelitian tindakan atau studi kasus, tidak membutuhkan kemampuan pemrograman kecuali pada judul-judul tertentu |
| Model Software Process Improvement | |||
| Teknik Software Process Improvement | |||
| SPI pada Organisasi Pengembang Perangkat Lunak | |||
| SPI dan Assessment Maturity Level (CMMI, CMMI-DEV, KIPI) | |||
| Risk Management for SPI | |||
| SPI ROI | |||
| 5. | Jaminan Kualitas dan Pengujian Sistem Informasi | Konsep dan Implementasi Jaminan Kualitas Perangkat Lunak (standar kualitas, resiko, metode dan teknik) | (disarankan) menggunakan metode Eksperimen, membutuhkan kemampuan programming tingkat dasar |
| Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak (metode, teknik, review dan post-mortem review) | |||
| Proses Jaminan Kualitas Perangkat Lunak | |||
| Strategi Pengujian Perangkat Lunak | |||
| Pengujian Verifikasi – Validasi untuk Perangkat Lunak berorientasi Obyek, berbasis Web dan berbasis Mobile | |||
| Pengujian level system untuk perangkat lunak berorientasi obyek, berbasis web dan berbasisi mobile | |||
| Teknik Debugging dalam pengujian perangkat lunak berorientasi obyek, berbasis web dan berbasis mobile | |||
| Pengujian Aplikasi Konvensional (white-box, black-box, basis path, control structure) | |||
| Pengujian Aplikasi secara Real-time | |||
| Patterns Pengujian Perangkat Lunak | |||
| Pengujian Perangkat Lunak berorientasi Obyek | |||
| Pengujian Corretness – Consistency Model Berorientasi Obyek | |||
| Pengujian Fault-based dan Scenario-based testing untuk Perangkat Lunak berorientasi Obyek | |||
| Pengujian Random-testing dan Partition-testing untuk Level Kelas berorientasi Obyek | |||
| Pengujian Interclass-case dengan teknik multiple-class | |||
| Perencanaan dan Proses Pengujian Perangkat Lunak berbasis Web | |||
| Pengujian Konten, Antar-muka, Navigasi Perangkat Lunak berbasis web | |||
| Pengujian Level-componen, Konfigurasi, Performance Perangkat Lunak berbasis Web | |||
| Pengujian Keamanan untuk Perangkat Lunak berbasis Web | |||
| Strategi Pengujian Perangkat Lunak berbasis Mobile | |||
| Teknik Pengujian Test Matrix, Stress Testing dan Testing Production Environment Perangkat Lunak berbasis Mobile | |||
| Teknik Pengujian Interaksi-Pengguna untuk Perangkat Lunak berbasis Mobile | |||
| Pengujian Persyaratan Keamanan pada Perangkat Lunak | |||
| Jaminan Keamanan dan Privasi pada Aplikasi Media Sosial, Komputasi Awan dan IoT | |||
| Analisis Rekayasa Keamanan pada Perangkat Lunak | |||
| Jaminan Kualitas Keamanan pada Perangkat Lunak (Proses, Analisa Resiko dan Tata Kelola) | |||
| Formal Modeling dan Verification pada Perangkat Lunak | |||
| 6
|
Software Defect Prediction (SDP) | Estimating the Number of Defects | (disarankan) menggunakan metode Eksperimen, membutuhkan kemampuan programming tingkat dasar |
| Classifying Software Components as Defect-prone and Non-defect prone | |||
| Mining Reveal Software Defect Associations | |||
| Metode Estimasi Software Defects dengan Pendekatan Statistik | |||
| Metode Estimasi Software Defects dengan Capture-Recapture (CR) Models | |||
| Metode Estimasi Software Defects dengan Detection Profile Methods | |||
| Metode Estimasi Software Defects dengan Association Rules | |||
| Metode Estimasi Software Defects dengan Metode Klasifikasi (Naïve-Bayes, Decision Tree, Nearest Neighbour, Neural Network, Support Vector Machine, Ensemble Classifiers) | |||
| 7 | Secured-software Programming | Aplikasi (Anonimity, eVoting, Blockchain-based, SAM-based authentication, Malware dan anti-malware, Secure Sofware Development Lifecycle) | |
| Implementasi Software (implementasi persamaan atau algoritma kedalam kode program) | |||
| Protokol (Modeling, Formalizing dan Verification, Secure DNS) | |||
| Kriptografi dan Steganografi (Stegokripto dan Visual Cryptography) | |||
| Matematika dan Struktur (Aljabar, Finite Field dan Kurva Eliptik) | |||
| 8 | Implementasi Strategi Algoritma | Algoritma Brute Force | (disarankan) Eksperimen dan Studi Kasus. Acuan Judul spesifik bisa dilihat di: http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/2016-2017/Makalah2017.htm. Membutuhkan kemampuan programming dalam Bahasa pemrograman tertentu |
| Algoritma Greedy | |||
| Algoritma Divide and Conquer | |||
| Algoritma Decrease and Conquer | |||
| Algoritma DFS dan BFS | |||
| Algoritma Backtracking (Runut-balik) | |||
| Algoritma Branch and Bound | |||
| Route/Path Planning Using A Star and UCS | |||
| Dynamic Programming | |||
| String Mathing dengan Regex | |||
| Teori Komputasi | |||
| 9 | Sistem Informasi untuk Data Mining dan Big Data | Implementasi Software untuk Estimation (dengan menggunakan neural network, multiple linier regression, dll) | |
| Implementasi Software untuk Prediction (dengan menggunakan neural network, multiple linier regression, SVM dll) | |||
| Implementasi Software untuk Klasifikasi (dengan menggunakan CART, K-NN, ID3, C4.5 dll) | |||
| Implementasi Software untuk Clustering (dengan menggunakan K-means, Fuzzy C-means, SOM, K-Medoids, dll) | |||
| Implementasi Software untuk Association (dengan menggunakan Apriori, FP-Growth, dsb) |

Informasi ini bagus